Selamat Datang di Website Resmi SMA Negeri 1 Kamang Magek
Jumat, 13 April 2018 - 11:04:51 WIB
SERBA-SERBI UNBK 2018 BERBAGAI MEDIA
Diposting oleh : Jhon Herisman
Kategori: Umum - Dibaca: 363 kali

Tanggapan Kemdikbud mengenai soal UNBK matematika yang disebut terlalu susah

Sejumlah siswa kelas 12 mengerjakan soal ujian nasional mata pelajaran matematika pada malam hari di SMA N 2 Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (10/4/2018). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Muhamad Abduh mengatakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Matematika sudah sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

"Dari perspektif kami, soal-soal yang diujikan sudah sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan," ujar Abduh kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Sementara dari pihak siswa, lanjut dia, terlihat sebagai soal yang sulit dikerjakan. Padahal soal-soal yang ada di soal UN tersebut sudah sesuai dengan kisi-kisi soal UN yang diberikan.

Mulai tahun ini, Kemdikbud mulai memberlakukan soal yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi atau "high order thinking skills" atau HOTS pada Ujian Nasional (UN) 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dari UN tersebut dengan memasukkan soal HOTS tersebut.

Soal seperti itu nantinya akan menjadi standar pelaksanaan UN hingga 2025. Sehingga mendeteksi kemampuan siswa.

"Untuk tahun ini, baru 10 persen dari jumlah soal untuk yang memerlukan daya nalar tinggi."

Pemberlakuan soal dengan daya nalar tinggi tersebut, menuai protes dari peserta UN tingkat SMA. Mereka beramai-ramai menyerbu akun Instagram Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy (@muhadjir_effendy) untuk melayangkan protes.

Akun @alessaky misalnya menulis "bapak,tolong dong buat klarifikasi atau angkat bicara mengenai pembuatan soal UN Matematika SMA yang tidak sesuai kisi-kisi itu.kami butuh penjelasan apa maksud dari hal tersebut".

Kemudian akun @ramonarahmawati menulis "Sudah puas pak bu dengan UNBK yang telah bapak ibu terapkan? Saya berdoa semoga hasilnya memuaskan, jika tidak memuaskan itu bukan salah kami semua sebagai pelajar. Tidak 1 atau 2 yang mengeluh mengenai soal-soal yang terdapat di unbk, hampir rata-rata orang yang saya temui mengeluh mengenai soal-soal unbk tersebut, terkhusus matematika yang katanya terdapat soal yang berbau SBMPTN. Pak bu, disini kami judulnya menjalankan UNBK bukan SBMPTN, soal-soal yang terdapat selama di unbk tidak sesuai ekspetasi kami sebagai pelajar pak bu. Kami belajar selama 3 tahun berasa tidak mencapai level apapun dari bapak ibu yang membuat soal tersebut. Mohon realita saja pak bu. Terimakasih".

Akun instagram pustekkom_kemdikbud juga tak lepas dari protes peserta UN yang mengeluhkan soal yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

Akun @dzakii29 menulis "materi yang saya pelajari dari kisi-kisi dan simulasi banyak gak keluar, soal hidrolisis aja cuma satu".

Source :https://www.antaranews.com


Komentar kocak sulitnya soal UNBK ini bikin perut sakit tahan ketawa

Brilio.net - Beberapa hari ini anak sekolah sedang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Para murid SMA/MA melaksanakan UNBK 4 hari berturut-turut sejak tanggal 9-12 April 2018.

Ujian nasional menjadi penentu seorang siswa lulus dari sekolahnya. Tak heran para siswa harus belajar mati-matian demi mendapatkan nilai yang tinggi.

Nah karena sekarang generasi millenial yang ujian, tentu saja momen UNBK ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari di zaman sekarang.

Tak heran keluhan sulitnya soal UNBK ini menjadi viral. Bahkan akun Instagram Kemendikbud dibanjiri protes dari para siswa karena soal yang sulit.

Tetapi, tak sedikit pula yang memberikan komentar kocak yang bikin ngakak saat membacanya. Berikut beberapa komentar kocak sulitnya soal UNBK yang brilio.net rangkum dari akun Instagram @kemdikbud.ri, Kamis (12/4).

"Gua jadi takut entar minggu depan un mtk smp yang ditanya, "Berapa orang yang udah nyantet kemdikbud?" apalagi entar ditanyain "berapa istrinya thanos"......" kata akun @vidyachristineee.

"Pak curhatt dongg, saya liat soal mtk udh kek inget dosa, bawaanya istighfar teruss. Makasih pak," kata akun @yolandaekas_.

"Ujian mtknya memaksa saya untung menembak jawaban pak. Makasjh atas pemberian skill nya," kata akun @yasminfdhla_.

"Dilan,ternyata lebih berat ngerjain soal unbk taun ini daripada rindu,soalnya beda semua ama kisi2/pengayaan/simulasi/to:)," kata akun @auliyaaafy.

 

"Bapakkk saya mau cuci baju pake pemutih, kenapa harus ngitung kadarnya dulu??? Keburu baju saya jamuran pakkk," kata akun @lolililipop_.

"CAPEK SAYA PAK ITUNGIN KROMOSOM ORANG! SAYA AJA BELOM ITUNGIN KROMOSOM SAYA SENDIRI!!" kata akun @nat_erica.

"TERIMAKASIH BANYAK YA PAKK, SAYA JADI TAHU KALO SABUN ADA KEPALA SAMA EKORNYA LOHH :))," kata akun @blacey.id.

"SOALNYA BIKIN PENGEN KAWIN LARI PAK:))," kata akun @irnzakii.

"Pak, saya merasa menjadi Roy Kiyoshi. Menjawab soal hanya dengan mengiranya. Semoga energi gaib yang ada di soal-soal UN lenyap," kata akun @daryonoteguhsakti.

"Pa ager2 kenapa di kasih paku, saya selama belajar kimia gk pernah denger ada ager2 di pake in topping paku, gak ada yang mau makan pa, kecuali limbad," kata akun @salomohizkia.

"Pak, ngapain sih fisika disuruh ngitung bom jatuhnya dimana? kn saya itu gamau kalo ada kota yg dibom:( ato jgn" ini yg buat soal israel pak? sengaja td ga saya jawab, biar pilotnya bingung mau ngebom dimana," kata akun @larahyun21.

Source : Brilio.net


Kemdikbud: Soal UNBK Matematika Sesuai Kisi-kisi

UNBK/DEDEN IMAN/PR

JAKARTA, (PR).- Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Muhamad Abduh mengatakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Matematika sudah sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

"Dari perspektif kami, soal-soal yang diujikan sudah sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan," ujar Abduh kepada Kantor Berita Antara di Jakarta, Jumat, 13 April 2018.

Sementara dari pihak siswa, lanjut dia, terlihat sebagai soal yang sulit dikerjakan. Padahal soal-soal yang ada di soal UN tersebut sudah sesuai dengan kisi-kisi soal UN yang diberikan.

Mulai tahun ini, Kemdikbud mulai memberlakukan soal yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi atau "high order thinking skills" atau HOTS pada Ujian Nasional (UN) 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dari UN tersebut dengan memasukkan soal HOTS tersebut.

Soal seperti itu nantinya akan menjadi standar pelaksanaan UN hingga 2025. Sehingga mendeteksi kemampuan siswa.

"Untuk tahun ini, baru 10 persen dari jumlah soal untuk yang memerlukan daya nalar tinggi," ujarnya.

Pemberlakuan soal dengan daya nalar tinggi tersebut, menuai protes dari peserta UN tingkat SMA. Mereka beramai-ramai menyerbu akun Instagram Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy (@muhadjir_effendy) untuk melayangkan protes.

Akun instagram pustekkom_kemdikbud juga tak lepas dari protes peserta UN yang mengeluhkan soal yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

Akun @alessaky misalnya menulis "bapak,tolong dong buat klarifikasi atau angkat bicara mengenai pembuatan soal UN Matematika SMA yang tidak sesuai kisi-kisi itu. kami butuh penjelasan apa maksud dari hal tersebut".

Sementara akun @dzakii29 menulis "materi yang saya pelajari dari kisi-kisi dan simulasi banyak gak keluar, soal hidrolisis aja cuma satu".

Di Twitter, cuitan mengenai keluhan soal matematika juga lebih beragam. akun @fchr009 menulis "Pak, penyelenggaraan UNBK menyediakan asuransi kejiwaan gak pak?,"

"Pak saya udah berhenti makan mecin kok masih ga bisa jawab soalnya," tulis akun lainnya, @abizar_apr.

Adapun akun @gregoryjoshuaa mengajak Mendikbud untuk ikut mengerjakan soal UNBK. "Pak, bapak kan menteri, katanya merasakan penderitaan rakyat, ikut UNBK lah pak," tulisnya.***

Source : http://www.pikiran-rakyat.com





0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)