Belajar Demokrasi Pemilu OSIS 2023/2024

OSIS memegang peranan penting dalam iklim kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Oleh karena itu, pemilihan ketua OSIS menjadi agenda yang perlu diperhatikan oleh setiap warga sekolah. Mengingat, tanggung jawab untuk memikul tanggung jawab tersebut sangat besar, sehingga harus dilakukan oleh orang yang tepat. Mengutip Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Wahono & Abdul Atsar (2019: 87), pemilihan ketua OSIS adalah salah satu implementasi pendidikan politik yang perlu dilakukan oleh siswa. Hal ini berguna untuk mempersiapkan diri sebelum memanfaatkan haknya sebagai warga negara dalam pemilihan umum.
 
OSIS adalah wadah yang memfasilitasi para siswa dalam melakukan berbagai kegiatan untuk kepentingan sekolah. Siswa yang tergabung ke dalam OSIS memiliki tugas masing-masing yang sesuai dengan posisi atau jabatannya.
 
 
Secara umum, OSIS berfungsi untuk mendorong perkembangan kemampuan dan kreativitas siswa. Adapun tujuan pemilihan ketua OSIS di lingkungan sekolah yakni sebagai berikut:
 
  • Memperkenalkan siswa tentang dunia kepemimpinan yang dapat berguna ketika sudah terjun dalam organisasi masyarakat nanti.
  • Melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab.
  • Melatih kemampuan berorganisasi para siswa.
  • Belajar tentang sistem demokrasi dengan prinsip Luber Jurdil.
  • Merayakan pesta politik di lingkungan sekolah.
  • Mengasah soft skill, di antaranya yaitu kemampuan public speaking, problem solving, time management, conflict resolution, dan lain-lain.
 
 
Debat merupakan salah satu rangkaian pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS, tampak dalam Kegiatan debat digelar siswa SMAN 1 Kamang Magek sebelum dilakukan pemilihan pengurus OSIS . Dengan debat diharapkan para peserta didik mengenal lebih jauh siapakah sosok yang paling tepat untuk dipilih menjadi pengurus OSIS.
Kegiatan debat pemilihan pengurus OSIS SMA N 1 Kamang Magek Sabtu 09092023

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.