Latihan Persiapan HUT-RI 17 Agustus 2023

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan negara tercinta. Tahun ini, perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-78 mengusung tema yang memiliki makna sendiri, mencerminkan semangat juang dan kerja keras dalam membangun Indonesia yang lebih baik.


Logo HUT RI 2023 dan Filosofinya
Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi untuk memajukan kesejahteraan rakyat, alhasil memproduksi sumber daya manusia unggul untuk menghadapi persaingan global.

1. Estafet
Garis padat horizontal - Tongkat Estafet. (Teruskan)

Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

2. Terus Melaju
Angka 7 berbentuk arah panah ke atas. (Gerak Maju)

Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Pancasila
Terbentuk dari 5 garis melengkung. (Pancasila)

5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

4. Tanggung Jawab Bersama
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama)

Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Keberlanjutan
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus.

Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi
Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)



Siswa sedang Latihan Persiapan 17 Agustus 2023

 

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.