Timeline Persiapan SNBT dan SNBP 2023

 

 

 

November - Desember 2022

Mulai cicil materi dan latihan soal. Manfaatkan waktu agar tak terbuang sia-sia dengan belajar dan berlatih soal-soal. Ingat, tahun depan mata pelajaran sudah dihapus dalam tes SNBT. Materi akan difokuskan pada soal skolastik yang berfokus pada penalaran. 

Sedangkan untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) membutuhkan nilai yang diambil 50 persen dari seluruh mata pelajaran.

Januari - Februari 2023

Ujian semakin dekat. Kamu harus terus berlatih soal dan tryout lebih giat. Jangan lupa, di bulan ini kalian juga harus mempersiapkan persyaratan bagi yang ingin mengambil jalur SNBP. Pendaftaran SNMPTN pada tahun ini dibuka pada Februari dan diumumkan pada Maret. Kemungkinan jadwal 2023 tak akan jauh berbeda.

 

Kalau kamu mendaftar ke jurusan yang membutuhkan portofolio khusus, seperti di jurusan Seni Rupa, Desain, Olahraga, Musik, Teater, jangan lupa dipersiapkan secara matang. Cek lagi tiap persyaratan SNBP yang diminta.

Maret - April 2023

Review materi dan evaluasi kelemahanmu. Jika kamu gagal di SNBP, masih ada kesempatan di SNBT. UTBK SBMPTN 2022 diadakan di sekitar Mei. Wajib banget buat kamu untuk terus melatih kemampuan pemahaman materi. Coba lihat lagi ke belakang, materi apa yang perlu kamu tingkatkan, di mana nilai yang masih kurang dan di mana kelebihanmu.  

Mei 2023

Sambil menunggu pengumuman SNBT, kamu bisa manfaatkan untuk mencari informasi mengenai seleksi mandiri. Hal ini untuk berjaga-jaga jika pada pengumuman Juni nanti kamu tak lolos. Dengan begitu kamu bisa langsung mempersiapkan diri ikut seleksi mandiri dan mempersiapkan persyaratan yang diminta.

 

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.